Technopreneurship : Pengertian, Kans, dan Perkembangan di Indoensia
1. Technology Companies
Kita tentu sudah tahu dan bahkan tenar dengan perusahaan Gojek, Ruangguru, Facebook, Bukalapak, dan Tokopedia. Perusahaan hal yang demikian dapat dikategorikan sebagai perusahaan berbasis teknologi ( Technology Companies).
Berdasarkan buku technology ventures, Perusahaan teknologi yakni perusahaan-perusahaan yang menjadikan secara konstan, produk-produk yang menghasilkan nilai, dan menstimulus pertumbuhan ekonomi, dengan membawa ide dan teknologi baru ke dunia global.
2. Pengertian Technopreneurship
Technopreneurship ialah usaha untuk memulai dan mengembangkan perusahaan teknologi yang memanfaatkan perkembangan teknologi dan akan memberikan dampak yang besar terhadap dunia.
Orang-orang yang berusaha mengawali dan memaksimalkan perusahaan berbasis teknologi disebut technopreneur. Jadi, Mark Zukcerberg, Wiliam Tanuwijaya, dan Bill Gates adalah beberapa figur dari technopreneur yang berhasil.
3. Enterpreneur VS Technopreneur
Perbedaan yang paling mendasar antara Entrepeneur dengan Technopreneur yaitu :
Technopreneur tidak hanya memasarkan barang komoditas maupun industry yang persaingannya relatif betul-betul ketat.
Namun mereka menjua produk yang kapabel menjadi pengganti maupun pelengkap dalam kemajuan peradaban manusia.
4. Perkembangan Technopreneurship di Indonesia
Akhir-akhir ini technopreneurship menjadi benar-benar penting dan menarik di Indonesia. Faktor-elemen yang menyebabkan hal tersebut adalah :
Indonesia mempunyai banyak sekali potensi ekonomi. Ada sebagian ahli yang menyebutkan bila Indonesia akan menjadi Negara dengan ekonomi terbesar nomor 7 di dunia pada tahun 2030.
Jumlah pengguna internet di Indonesia amat besar
Banyak pemberi modal asing yang masuk ke Indonesia untuk berinvestasi : Misalnya Softbank yang berinvestasi di Tokopedia dan startup lainnya di Indonesia.
Alasan untuk Terjun ke dunia Technopreneurship
Tak perlu modal besar
para pendiri perusahaan berbasis teknologi awalnya tak segera membikin perusahaan sebesar kini yang kita lihat. Ucap saja facebook awalnya hanya dijadikan mahasiswa di kamar kos-kosannya. Apple kantor mulanya cuma bermodalkan garasi. dan perusahaan besar teknologi lainnya bermula dari hal kecil dan motivasi yang besar untuk maju.
Skor pengembalian yang tinggi
Jumlah valuasi perusahaan teknologi di Indonesia maupun di dunia sungguh-sungguh besar jumlahnya. Malah bila perusahaan teknologi hal yang demikian benar-benar dapat memberikan dampak ekonomi untuk masyarakatnya akan sungguh-sungguh pesat mempunyai nilai valuasi yang tinggi. Umpamanya perusahaan Gojek yang dikala ini bernilai triliunan.
Tidak perlu sumber kekuatan yang banyak
Seumpama ruangguru.com perusahaan EduTech terbesar di Indonesia tidak merekrut guru-guru tetap melainkan orang yang mau menjadi guru bisa mendaftar secara online via aplikasinya. Itu juga dengan Gojek, mereka tak memiliki armada. Jadi mereka cuma menyediakan aplikasi untuk menghubungkan antara guru dengan murid atau driver dengan penumpang.
5. Perusahaan Berbasis Teknologi yang berhasil dari Indonesia
Ketika ini telah banyak perusahaan berbasis teknologi dunia maya yang berhasil di Indonesia, di antaranya yaitu :
Tokopedia
Perusahaan yang didirikan oleh William Tanuwijaya pada tahun 2009 ialah salah startup tech yang termasuk ke dalam Unicorn di Asia Tenggara. Dikala ini Tokopedia juga menjadi marketplace nomor 1 di Indonesia.
Gojek
Perusahaan berbasis teknologi besutan Nadiem Makarim ini telah mencapai skor valuasi triliunan padahal mereka tak punya armada sendiri. Gojek bergerak dibidang transportasi online, pembayaran online, dan lainnya.
Bukalapak
Sama seperti Tokopedia, Bukalapak ialah salah satu Marketplace terbesar yang sukses di Indonesia. Achmad Zaky yakni orang dibalik berdirinya perusahaan berhasil ini.
Ruangguru
Beberapa tahun ke belakang, terpenting di tahun 2019 ruangguru sedang gencar-gencarnya promosi besar-besaran di TV. Perusahaan teknologi yang bergerak di bidang televisi ini yaitu perusahaan EduTech tersukses dan terbesar di Indonesia pada tahun 2020 ini.
Traveloka
Siapa yang tak pernah tidak iklan dari perusahaan ini di Televisi. Dengan tagline “ Traveloka mengamati “ televisi berkeinginan saat hotel dan mau pasti yang diingat pertama kali merupakan Traveloka
dan masih banyak perusahaan lainnya.